Cara Memperbaiki PC/Laptop Yang Tidak Bisa Shutdown


Sahabat KC pasti pernah mengalami kejadian yang mungkin sering dan tidak pernah di inginkan terjadi, Yaitu saat PC/Laptop tidak bisa shutdown. sahabat KC tidak usah panik dengan keadaan tersebut, karena ada cara untuk mengatasinya ^_^ .

Penyebab PC/Laptop sahabat KC yang tidak bisa shutdown:
  1. Problem ini umumnya karena registry Fast Shutdown dalam kondisi aktif. Solusi; cobalah buka registry dan non-aktifkan Fast Shutdown.
  2. Setting pada BIOS. Saya pernah menemukan bahwa penyebabnya adalah setting tertentu pada BIOS. Solusi; ketika saya kembalikan setting BIOS keposisi default, ternyata komputer bisa dimatikan
  3. Perilaku ini juga sering terjadi jika jika Anda menginstal beberapa antivirus dalam satu komputer terutama misalnya versi Norton Antivirus 2003 dulu yang menggunakan program ccApp.exe. Solusi; hendaknya Anda selektif menggunakan antivirus apalagi memasang lbih dari satu antivirus sekaligus dalam satu komputer, hal itu lumayan rawan. Bisa saja justru terjadi perang antivirus dalam komputer Anda. Jalan keluar adalah uninstall dan install ulang antivirus.
  4. Masih ada program yang sedang berjalan. Solusi; Terutama pada windows XP jika masih ada program yang belum ditutup, biasanya komputer menunggu kita untuk menutupnya barulah ia shut down.
  5. Device driver tidak kompatibel, rusak, atau konflik antar mereka. Solusi; Periksa device driver yang mungkin Anda baru pasang jangan sampai ini penyebabnya.
  6. Ada kesalahan adaptor video pada IRQ dalam modus real. Solusi; ganti VGA card.
  7. Masalah ini juga terjadi pada komputer yang mendukung Advanced Power Management (APM). Secara default, fitur ini tidak diaktifkan pada Windows XP. Jika BIOS di komputer Anda sudah diatur untuk APM, dan Anda meng-upgrade ke Windows XP, Anda menerima pesan ini ketika Anda shutdown komputer, dan kemudian komputer berhenti merespons.
Langkah2nya adalah sebagai berikut :

1. Klik Start Menu -> Run -> ketik regedit


 2. Buka HKEY_CURRENT_USER -> Control Panel -> Desktop


3. Klik dua kali pada PowerOffActive dan ubah nilai nya menjadi 1

Cukup sekian, Semoga bermanfaat ^_^



0 comments:

Post a Comment

ada pertanyaan? silahkan komen di sini