Form Pencarian Data Table - Microsoft Excel
Untuk Menanggapi banyaknya permintaan tentang Bagaimana membuat Form Pencarian pada microsoft excel, artikel ini dapat di jadikan referensi yan mungkin akan membantu anda untuk lebih mudah mempelajari Excel.
Sebelumnya saya mohon maaf jika Update artikel untuk Blog ini sedikit terhambat, ini karena memang saya juga harus mengambil rizki yang di bagikan Oleh Tuhan. baik, mari kita tambahkan pembelajaran kita tentang excel, kali ini kita akan menyinggung fungsi Lookup pada excel, dimana untuk melakukan pencarian sebuah data looku dan Vlookup lah yang akan berperan di dalam Excel, silahkan perhatikan paparan berikut dengan cermat :
Pertama : Membuat Table Data
silahkan Anda buat sebuah tabel dengan Head Kolom No Induk, Nama, Sex, Alamat dan Kompetensi Keahlian kemudian isikan dua atau tiga Data dalam tabel tersebut, lihat gambar 1
selanjutnya ubahlah nama sheet menjadi Data, caranya silahkan Klik dua kali nama Sheet ganti nama dengan Data lalu Enter
kedua : membuat Bagan Pencarian Data
pada sheet lainya buatlah sebuah bagan pencarian dan ubah nama Sheet menjadi PencarianData, lihat gambar 2
secara keseluruhan kita telah memiliki 2 buah sheet yaitu sheet Data dan Pencarian Data
" saran saya silahkan anda buat sama persis seperti contoh gambar diatas, tujuannya untuk mempersempit tingkat kesalahan dan memudahkan anda untuk memahami teknik ini"
Ketiga : Membuat List Box Pada Cell B4
masih pada sheet PencarianData, Pada Cell lainnya silahkan anda ketikkan Nama dan No Induk lihat gambar 3
klik cell B4 pilih Menu Data - Validation , Pada Tab Setting Ubahlah value dari list Allow Menjadi List,
letakkan Pointer pada kotak Source, dan Block cell yang telah kita isi dengan Nama dan No induk, hasilnya Alamat cell tersebut akan masuk pada kotak Source, lihat gambar 4
kemudian Klik OK
Keempat : Mengisi Rumus Pada Cell B6
Klik Cel B6 dan berikan Rumus seperti Berikut :
Ket :
rumus ini akan mengubah Head kolom Menjadi Nama jika kita mencari berdasarkan No induk, dan akan berubah menjadi No Induk Jika Kita melakukan Pencarian berdasarkan Nama, namun jika kolom pencarian masih Kosong, maka akan Berubah Menjadi Hasil Pencarian
kelima : Mengisi Rumus Pada Cell B7
Klik Cell B7 dan berikan Rumus sebagai Berikut :
ket :
Perhatikan Cell yang di ikuti oleh Nama Sheet Contohnya Data!$B$2:$B$3 ini artinya cell B2:B3 yang ada pada Sheet Data.
Keenam : Mengisi Rumus Pada Cell C7
klik Pada Cell C7 dan ketikkan Rumus Seperti di Bawah ini :
Ket : Rumus Diatas akan Mengambilkan Data dari kolom Sex pada Sheet Data sesuai dengan Nama / No Induk yang ada pada Cell D4
Ketujuh : Mengisi Rumus Untuk Cell D7
klik Cell D7 dan ketikkan Rumus Sebagai berikut
Ket : Rumus Ini untuk mengambil Data kolom Alamat Pada Sheet Data Sesuai dengan Nama / No Induk pada Cell D4
Kedelapan : Memberikan Rumus Untuk Cell E7
Klik Cell E7 dan berikan Rumus Seperti di bawah ini
Ket : Rumus ini untuk mengambil isi dari kolom Kompetensi dari sheet Data sesuai dengan Nama / No Induk pada Cell D4
Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Lihat Gambar 5
Selesai dan anda dapat menggunakan Bagan Pencarian Tersebut untuk Pencarian Data Dengan Cepat.
Jika Anda sudah berhasil mempelajari Tips ini dengan Baik jangan lupa untuk mengajarkan ke Orang Lain, karena saat orang yang anda ajari berkenan menularkan apa yang ia dapatkan dari anda, maka Anda akan memperoleh sedikit kebaikan, ini adalah cara praktis untuk mendapatkan kebaikan dari sedikit ilmu yang kita miliki. itulah Gunanya jika kita ikhlas dalam Belajar dan mengajari. Saya Berharap setiap Ilmu di Blog Ini Tidak Berhenti dalam diri anda ( Sahabat ku Semua )
SEMOGA BERMANFAAT
Sebelumnya saya mohon maaf jika Update artikel untuk Blog ini sedikit terhambat, ini karena memang saya juga harus mengambil rizki yang di bagikan Oleh Tuhan. baik, mari kita tambahkan pembelajaran kita tentang excel, kali ini kita akan menyinggung fungsi Lookup pada excel, dimana untuk melakukan pencarian sebuah data looku dan Vlookup lah yang akan berperan di dalam Excel, silahkan perhatikan paparan berikut dengan cermat :
Pertama : Membuat Table Data
silahkan Anda buat sebuah tabel dengan Head Kolom No Induk, Nama, Sex, Alamat dan Kompetensi Keahlian kemudian isikan dua atau tiga Data dalam tabel tersebut, lihat gambar 1
selanjutnya ubahlah nama sheet menjadi Data, caranya silahkan Klik dua kali nama Sheet ganti nama dengan Data lalu Enter
kedua : membuat Bagan Pencarian Data
pada sheet lainya buatlah sebuah bagan pencarian dan ubah nama Sheet menjadi PencarianData, lihat gambar 2
secara keseluruhan kita telah memiliki 2 buah sheet yaitu sheet Data dan Pencarian Data
" saran saya silahkan anda buat sama persis seperti contoh gambar diatas, tujuannya untuk mempersempit tingkat kesalahan dan memudahkan anda untuk memahami teknik ini"
Ketiga : Membuat List Box Pada Cell B4
masih pada sheet PencarianData, Pada Cell lainnya silahkan anda ketikkan Nama dan No Induk lihat gambar 3
klik cell B4 pilih Menu Data - Validation , Pada Tab Setting Ubahlah value dari list Allow Menjadi List,
letakkan Pointer pada kotak Source, dan Block cell yang telah kita isi dengan Nama dan No induk, hasilnya Alamat cell tersebut akan masuk pada kotak Source, lihat gambar 4
kemudian Klik OK
Keempat : Mengisi Rumus Pada Cell B6
Klik Cel B6 dan berikan Rumus seperti Berikut :
=IF(B4="Nama","No Induk",IF(B4="No induk","Nama","Hasil Pencarian"))
Ket :
rumus ini akan mengubah Head kolom Menjadi Nama jika kita mencari berdasarkan No induk, dan akan berubah menjadi No Induk Jika Kita melakukan Pencarian berdasarkan Nama, namun jika kolom pencarian masih Kosong, maka akan Berubah Menjadi Hasil Pencarian
kelima : Mengisi Rumus Pada Cell B7
Klik Cell B7 dan berikan Rumus sebagai Berikut :
=IF($B$4="Nama",LOOKUP($D$4,Data!B2:B3,Data!A2:A3),IF($B$4="No Induk",LOOKUP($D$4,Data!$A$2:$A$3,Data!$B$2:$B$3),"Data Kosong")
ket :
Perhatikan Cell yang di ikuti oleh Nama Sheet Contohnya Data!$B$2:$B$3 ini artinya cell B2:B3 yang ada pada Sheet Data.
Keenam : Mengisi Rumus Pada Cell C7
klik Pada Cell C7 dan ketikkan Rumus Seperti di Bawah ini :
=IF($B$4="Nama",LOOKUP($D$4,Data!B2:B3,Data!C2:C3),IF($B$4="No Induk",LOOKUP($D$4,Data!A2:A3,Data!C2:C3),""))
Ket : Rumus Diatas akan Mengambilkan Data dari kolom Sex pada Sheet Data sesuai dengan Nama / No Induk yang ada pada Cell D4
Ketujuh : Mengisi Rumus Untuk Cell D7
klik Cell D7 dan ketikkan Rumus Sebagai berikut
=IF($B$4="Nama",LOOKUP($D$4,Data!B2:B3,Data!D2:D3),IF($B$4="No Induk",LOOKUP($D$4,Data!A2:A3,Data!D2:D3),""))
Ket : Rumus Ini untuk mengambil Data kolom Alamat Pada Sheet Data Sesuai dengan Nama / No Induk pada Cell D4
Kedelapan : Memberikan Rumus Untuk Cell E7
Klik Cell E7 dan berikan Rumus Seperti di bawah ini
=IF($B$4="Nama",LOOKUP($D$4,Data!B2:B3,Data!E2:E3),IF($B$4="No Induk",LOOKUP($D$4,Data!A2:A3,Data!E2:E3),""))
Ket : Rumus ini untuk mengambil isi dari kolom Kompetensi dari sheet Data sesuai dengan Nama / No Induk pada Cell D4
Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Lihat Gambar 5
Selesai dan anda dapat menggunakan Bagan Pencarian Tersebut untuk Pencarian Data Dengan Cepat.
Jika Anda sudah berhasil mempelajari Tips ini dengan Baik jangan lupa untuk mengajarkan ke Orang Lain, karena saat orang yang anda ajari berkenan menularkan apa yang ia dapatkan dari anda, maka Anda akan memperoleh sedikit kebaikan, ini adalah cara praktis untuk mendapatkan kebaikan dari sedikit ilmu yang kita miliki. itulah Gunanya jika kita ikhlas dalam Belajar dan mengajari. Saya Berharap setiap Ilmu di Blog Ini Tidak Berhenti dalam diri anda ( Sahabat ku Semua )
SEMOGA BERMANFAAT
sayangnya gamabr gambar yg disajikan sudah tidak ada sehingga tidak bisa dicoba disini ...
ReplyDelete